Tips Memilih dan Mengolah Daging Itik

blogger templates
Itik adalah salah satu komoditas ternak yang yang memiliki prospek cerah dewasa ini,  permintaan akan daging itik cukup besar  di kota kota besar terutama dengan menjamurnya usaha rumah makan dan warung warung tenda yang menyediakan menu masakan itik terutama menu panggang itik atau bebek panggang.
Tips Memilih dan Mengolah Daging Itik

dalam posting kali ini kami mencoba mengulas tip memilih dan mengolah daging itik untuk dijadikan lauk baik dipangang maupun diolah menurut selera masing masing.

Jika memilih daging itik di pasar ataupun langsung datang ke peternak itik  pilihlah itik yang masih muda dan gemuk, sehingga ketika di masak dagingnya lebih cepat lunak.
Keistimewaan daging itik yang sudah diolah Baik dipanggang ataupun digoreng terutama bila dimakan dalam keadaan masih panas adalah pada kulitnya yang tipis dan renyah, dengan cara pengolahan yang baik dan benar  akan menghasilkan daging yang berkualitas baik dan gurih.

Tahukah anda apa rahasia memperoleh daging itik yang kulitnya tipis dagingnya empuk dan mutunya lebih tinggi?

Menurut para peternak itik tradisional untuk memperoleh daging itik /bebek seperti tersebut diatas, bebek/itik dipelihara secara intensif dimana itik tetap dibiarkan berkeliaran di air karena air sungai atau kolam akan membuat daging dan kulit itik menjadi lebih bagus mutunya dan dagingnya tidak berbau anyir, supaya dagingnya empuk itik digemukan selama 50 hari , selama masa penggemukan  itik diberi pakan khusus, pakan untuk itik dibuat campuran gandum, cantel dan kacang hijau yang dihaluskan .

apabila itik dipelihara secara intensif dan tidak diberi kolam , maka itik tidak banyak berhubungan dengan air, sehingga bila tidak diberi  perlakuan khusus  maka daging itik menjadi berbau amis/anyir, namun ada cara tertentu untuk mengatasi  hal tersebut, Sebelum daging dipotong potong (masih utuh) masukan 1 sendok makan cuka  kedalam rongga perut itik  dan biarkan selama 1 jam , buang bagian brutu, gosok seluruh kulit dengan bau gosok putih kemudian cuci bersih dan dagingnya dipotong potong untuk diproses lebih lanjut. 

Persiapan mengolah daging itik .

Persiapan untuk mengolah daging itik tidak yterlalu rumit, hanya saja perlu kesabaran. Itik/bebek dipotongsesuai tata cara yang berlaku, kemudian bulunya dibersihkan isi perutnya diambil melalui lubang yang dibuat sepanjang 3 cm disalah satu bagian ketiknya, kakinya dipotong lalu dicuci bersih., kulit itik ditiup dengan cara memompakan udara melalui selang kedalam robgga dada sehingga menggelembunglalu kepalanya diikatkemudian diangin anginkan, Tujuan peniupan udara tersebut supaya kulit itik menjadi kencang dan renyak setelah dimasak.

Mengolah daging itik panggang.

siapkan bumbu yang terdiri dari jahe, daun bawang, madu, garam dan bumbu lainnya. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan bumbu yang digunakan harus dalam jumlah banyak dan berkualitas baik. sehingga menyerap kedalam daging. Masukan kedalam air yang mendidih  kemudian daging bebek dicelupkan kedalamnya sampai kulitnya menjadi lembut, setelah itu bebek digantung lagi hingga kering kemudian dioleh dengan bumbu kemudian dipanggang selama lebih dari dua jam sampai lemak dibawah kulit bebek menjadi renyah, untuk memberikan aroma yang khas pada daging pangang sebaiknya arang yang digunakan berasal dari arang batok kelapa.

Itik/Bebek Goreng

Siapkan daging itik bagian dada atau paha dan bumbunya, Bumbu terdiri dari jahe, gula palem/kelapa, tausi, tepung maisena, tepung terigu, kecap asin, garam, dan bumbu mahyong.
Bumbu mahyong dapat diperoleh di toko toko penjual bumbu masakan cina atau membuat sendiri juga bisa bahannya terdiri dari merica, kayu manis, pala, cengkeh dan adas, jumlah masing masing jenis bumbu sama kemudian ditumbuk hingga halus.

Daging yang sudah diproses seperti diatas dimasukan kedalam air kaldu, air kaldu sendiri dapat diperoleh dengan cara merebus bagian kaki itik didihkan kaldu bersama kecap asin , gula palem, garam, jahe, peka , mahyong dan tausi serta sedikit anggur putih, masukan danging lalu tutu panci, kecilkan api dan masak selama lebih kurang satu jamhingga daging empuk lalu angkat dan tiriskan hingga kering, campurkan tepung maisena dan yterigu olesi seluruh bagian daging dengan tepung dan biarkan selama lebih kurang 30 menit hingga agak kering goreng dalam minyak yang panas hingga matang kuning kecoklat coklatan dan tiriskan potong potong lalu sajikan dalam keadaan panas bagi mereka yang berpantang  lemak sebaiknya buang dulu lemak dibawah bagian kulit hingga berkurang kadar lemaknya,.

demikianlah sekilas tentang tips memilih daging dan mengolah daging itik selamat mencoba dan semoga bermanfaat...... 

0 Response to "Tips Memilih dan Mengolah Daging Itik"

Post a Comment