Jenis Itik Yang Terdapat Di Indonesia

blogger templates
Jenis Itik Yang Terdapat Di Indonesia :Bebek  atau itik termasuk ternak ungags yang sangat dikenal di masyarakat setelah ayam, terutama oleh masyarakat dipedesaan. Telur itik maupun dagingnya mempunyai nilai gizi yang sangat baik, tidak kalah dengan telur maupun daging ayam.
Jenis Itik Yang Terdapat Di Indonesia

Bahkan dibeberapa tempat telur itik lebih disukai masyarakat misalnya di daerah Sumatra selatan. Di daerah tersebut  telur itik banyak digunakan untuk membuat kue tradisional/panganan. Bahkan beberapa saat menjelang hari raya idul fitri permintaan terhadap telur itik terbilang sangat besar  sehingga harus dipasok dari luar daerah. Dilain pihak ada beberapa daerah yang sangat terkenal dengan bebek panggangnya. Bebek Alabino di Kalimantan Selatan terkenal dengan produksi telurnya yang sangat tinggi hingga mencapai 200 butir per ekor pertahun.
Selain itu daging bebek/itik alabino terkenal gurihnya yang dihidangkan dalam bentuk itik panggang. Jika anda ingin mengetahui berapa nilai gizi yang terdapat dalam telur maupun daging itik, dapat disimak dalam daftar komposisi telur dan daging itik di bawah ini (dalam 100gr bahan) Baca Tip Memilih Daging Itik

Uraian
Protein(gram)
Lemak(Gram)
Energi(Kalori)
Vit.A (S1)
Daging
Telur Segar
Telur Asin
16.0
13.1
13.6
28.6
14.3
13.6
326
184
195
900
1230
841





Jenis Itik di Indonesia

Jenis Itik Yang cukup terkenal di Indonesia adalah Itik Tegal, Itik Alabino dan Itik Bali ciri ciri dari itik itik tersebut adalah sebagai berikut :

Itik Tegal

Potongan badannya ramping, lehernya panjang, badan tegak berbentuk botol anggur, warna bulunya kecoklatan dengan paruh dan kaki hitam, Namun ada juga yang berbulu putih mulus atau hitam, kepalanya mempunyai jambul .

Itik Alabino

Bentuk tubuhnya membentuk garis segitiga kepala kecil membesar ke bagian tubuh bawah. Berdiri membentuk sudut 45 derajat dengan permukaan tanah, Warna Bulu itik betina keabu abuan dengan ujung sayap ekor, dada dan leher serta kepala sedikit kehitaman . pada itik jantan warna bulunya abu kehitaman  dan pada ujung ekor terdapat bulu yang melengkung keatas. Warna paruh dan kaki kuning.

Itik Bali

Bentuk tubuh  menyerupai itik tegal  badan langsing berdiri tegak lehernya kecil dan panjangsedangkan ekornya pendek  hamper mendatar. Mempunyai jambul bulu diatas kepala, warna bulunya putih atau belang putih tapi ada juga yang kuning abu abu.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis itik di Indonesia namun secara global ketiga jenis tersebut telah mewakili  baik dari segi fisik maupun dari ukuran tubuhnya.

Demikian lah sekelumit tentang jenis jenis itik yang terdapat di Indonesia … Semoga Bermanfaat….

0 Response to "Jenis Itik Yang Terdapat Di Indonesia"

Post a Comment