Cara Merawat Kesehatan Anak Kambing

blogger templates
Merawat Kesehatan Anak Kambing : Melanjutkan postingan terdahulu tentang Cara Beternak Kambing, pada postingan kali ini akan sedikit diulas tentang Cara Merawat Kesehatan  Anak Kambing,  Ada beberapa penyakit yang sering menyerang kambing, terutama anak anak kambing  dibawah umur 3 bulan. tidak jarang ternak kita mati karena berbagai penyakit tersebut. oleh karena itu kita harus mengetahui gejala gejala penyakit serta upaya pertolongan pertama untuk menagulanginya, sebelum ditangani mantri atau dokter hewan.
Cara Merawat Kesehatan Anak Kambing

Perawatan Anak Kambing sakit

Penyakit penyakit yang sering menyerang anak kambing antara lain Disentrin, Cacingan, dan kembung.

Disentri disebabkan oleh bakteri  dan biasanya menyerang anak anak  kambing berumur 1 sampai 5 hari, anak kambing kehilangan selera dan stress, mencret dan mati tiba tiba. Penyakit ini belum ada obatnya  tapi dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan kandang dan sanitasi lingkungan sekitar kandang juga peralatan peralatan yang digunakan , kandang harus tetap kering dana pakan yang bersih dan sehat.

Kembung disebabkan oleh terlalu banyak gas yang dihasilkan pada waktu makan terkumpul di dalam perut dan tidak dapat keluar biasanya disebabkan oleh  terlalu cepat makan pakan hijauan  segar dalam waktu pendek. apabila terlah terjadi hal demikian maka akan sukar untuk mengobatinya, karena untuk mengeluarkan gas dari dalam perut anak kambing tersebut diperlukan alat seperti pipa plastik yang dimasukan melalui mulut ke dalam perut ternak. atau dengan cara lain yaitu menusuk perut dengan jarum yang besar yang dilengkapi tabung penampung gas, akan tetapi agak sedikit mengandung resiko tertusuk bagian vital dari jeroan kambing yang bersangkutam .

Untuk menghindari kembung pada ternak kambing maka sebaiknya ternak diberi pakan kering dulu seperti rumput kering atau konsentrat, sebelum diberi makan rumput segar atau dilepas di lapangan pengembalaan.

Ternak yang diserang penyakit cacingan memperlihatkan tanda tanda bulunya kasar , tubuhnya menjadi kurus, pertumbuhannya lambat, kehilangan napsu makan, mencret dan kurang darah, kadang kadang batuk. cara pencegahannya yaitu dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya serta pemberian obat cacing untuk hewan secara bertahap.setiap 6 bulan sekali
Demikianlah Tips Seputar Cara Merawat Kesehatan  Anak Kambing Semoga bermanfaat ...

0 Response to "Cara Merawat Kesehatan Anak Kambing"

Post a Comment